Home » » Tips agar anak mau belajar

Tips agar anak mau belajar

Sebagai orang tua, tentu ingin anaknya rajin belajar agar menjadi pintar. Pada kebanyakan anak kecil, dunia mereka masih penuh dengan permainan, sehingga jangan terlalu berharap anak akan belajar serius .

Agar anak mau belajar dimulai dengan membiasakan diri mengenal arti belajar yang menyenangkan. Ayah-bunda bisa mulai saat bergurau atau bercerita, selipkan tentang seru dan asyiknya belajar. Tidak perlu menjelaskan belajar dengan belajar Saat sedang menemani anak bermain mobil-mobilan misalnya, lalu bunda bisa memutar roda sambil menjelaskan kenapa roda berputar..”karena roda ini berbentuk bundar lalu bunda gerakan, jadi rodanya bergerak sesuai bentuknya.berputar-berputar..lucu ya Dek. Adek suka belajar tentang roda?”.. lambat laun, anak akan menyerap penjelasan bahwa belajar itu menyenangkan.

Kekuatan Pikiran
Hampir sama dengan yang kita kenal, kekuatan pikiran bisa mempengaruhi action. Jadi salurkan segi positif pada anak. Apabila anak tidak mau belajar, sebaiknya dinasehati dengan cara positif. Yang dianjurkan: ” sayang, kalau rajin belajar nanti bisa jadi pintar dan adik bisa jadi dokter sesuai dengan cita-citamu” . yang lebih baik dihindari: ” Kalau kamu gak mau belajar, tar dijewer ibu guru lho, nanti dihukum didepan kelas lho”. Tanyakan selalu hal-hal positif sepulah dia sekolah, misal :” hari ini apa yang menyenangkan disekolah nak?”

Mendampingi Anak Belajar
Sebaiknya saat anak belajar, orang tua juga melakukan hal-hal yang berkonotasi belajar seperti : membaca buku, menulis . Kalau saat anak-anak belajar, orang tuanya menonton tv atau bermain PS, bisa-bisa si kecil protes.

Bermain Sambil Belajar
Adalah salah satu cara belajar yang menyenangkan. Terutama untuk anak usia dini sd 3 SD. Belajar pada usia ini, akan lebih efektif dengan menggunakan metode bermain. Bermain dalam hal ini adalah belajar dengan memperagakan. Misal saat belajar suara binatang, buat 10 list suara binatang terpopuler seperti ayam, anjing, bebek, katak, tikus dll. Lalu ungkapkan dengan nada dan gerak badan. Si kecil akan makin bersemangat mempelajarinya. Atau ketika bunda sedang memasak didapur, ajak sesekali si kecil, minta dia mengambilkan misal : kemiri 4 bh, wortel 2 bh, jamur 5bh dll. Selain si kecil belajar mengenal jenis-jenis sayuran, dia juga belajar mengenal jumlah.

Support is The Best
Anak kecil suka lho dengan pujian. Nah agar anak mau belajar, jangan sungkan untuk memuji ya bunda. Sekecil apapun perbuatan baiknya, pujilah dia. Demikian juga saat belajar. Bila dia bisa menyelesaikan beberapa pertanyaan , berikan pujian walaupun ada jawaban yang kurang benar. Puji usahanya menjawab, dan koreksi kesalahannya. Misal lagi : Bila si kecil mendapat nilai bagus disekolahnya, bunda bisa menyiapkan surat kecil, hias atau beli kartu ucapan. Tulis penghargaan kita atas prestasinya. Cara sederhana ini selain membuat anak berlatih membaca, juga akan membangkitkan semangat belajarnya.

Mengerjakan PR
PR sebenarnya adalah bentuk lain dari latihan di rumah. Bila si kecil tidak punya PR, bunda bisa mencari buku soal ditoko terdekat.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Mendampingi Anak Agar Anak Mau Belajar. Semoga ulasan tadi bisa memberikan informasi dan menambah wawasan bagi kita para orang tua untuk tumbuh kembang buah hati kita. Semoga bermanfaat, terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment