Home » » Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Layar Komputer

Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Layar Komputer

Dalam kehidupan modern seperti sekarang ini Laptop / Komputer sudah menjadi barang yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Manusia sudah tidak bisa dipisahkan lagi dengan yang namanya komputer untuk melakukan pekerjaannya, belajar, ataupun sekedar untuk bermain game saja. Tapi tahukah anda, bahwa terlalu lama di depan komputer dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan anda, terutama kesehatan mata anda.
Tahukan anda? Terlalu banyak menggunakan computer dapat membuat mata anda mengalami kelelahan yang akhirnya dapat membuat mata mengalami beberapa gangguan seperti mata merah, berkedut hingga penglihatan yang mulai kabur. Hal tersebut jika terus dibiarkan tanpa ada tindakan dan perhatian lebih lanjut, bisa saja mengancam kesehatan mata anda, anda tentu tidak ingin jika mata anda mengalami kerusakan. Untuk itu, berikut kami sajikan beberapa cara mengatasinya :

1. Kecerahan layar monitor
Aturlah posisi dan kecerahan layar monitor sesuai dengan posisi yang paling nyaman untuk anda. Jangan mengatur tampilan layar menjadi terlalu cerah atau terlalu gelap agar anda tidak kesulitan dalam melihat monitor.

2. Gunakan Screen Protector
Usahakan untuk memasang Screen Protector untuk mengurangi pancaran radiasi dari layar monitor ke mata anda, sehingga tidak cepat membuat mata anda kelelahan saat melihat layar monitor.

3. Atur Jarak Pandang Mata
Aturlah jarak antara mata dengan monitor, idealnya jarak mata dengan monitor yang aman adalah 50 - 100 cm. Jangan memasang monitor terlalu dekat dengan mata kita karena akan membuat mata cepat lelah.

4. Istirahatkan Mata
Secara normal manusia akan berkedip sebanyak 18 kali selama satu menit, namun akan tetapi ketika kita menatap layar monitor mata kita akan jarang berkedip. Maka dari itu usahakanlah setiap 1 jam istirahatkan mata selama 5 menit saja tanpa menghadap monitor, agar mata anda tidak mudah iritasi atau mudah lelah. Lakukanlah Olahraga Mata sebagai pencegahan.

5. Berkedip
Berkedip adalah salah satu cara paling sederhana untuk membuat mata anda kembali segar. Saat anda merasa lelah, usahakan untuk mengedip-ngedipkan mata untuk memulihkan kebugaran mata. Meski sederhana cara ini banyak dipilih untuk memulihkan kesehatan mata.

6. Rutin Periksakan Mata
Meski anda tidak berkacamata, tidak ada salahnya untuk selalu memeriksakan kesehatan mata. Hal tersebut adalah cara terbaik untuk mendeteksi berbagai penyakit yang berkaitan dengan mata.

7. Konsumsi Buah dan Sayur
Buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin A sangat bagus dan baik bagi kesehatan mata anda, perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur agar anda tidak kekurangan vitamin A sehingga anda tidak memiliki gangguan mata nantinya.

Mata adalah salah satu panca indera paling penting. Selain itu, mata juga adalah jendela dunia, dengan mata yang sehat keindahan dan warna-warni dunia bisa anda lihat dengan mata. oleh karena itu menjaga kesehatan mata adalah sebuah keharusan agar mata anda berfungsi dengan dengan baik.

0 komentar:

Post a Comment