Home » » Perang Dengan Kemalasan

Perang Dengan Kemalasan

"Bangun tidur, tidur lagi, bangun lagi, tidur lagi, banguuunnnn.....tidur lagiii" siapa yang ga kenal dengan lirik lagu tersebut yang sempat dipopulerkan oleh penyanyi nyentrik Mbah Surip sebelum tutup usia. Lirik sederhana itu seolah-olah memberikan gambaran seseorang yang sama sekali tidak punya masa depan, dia lebih mementingkan memelihara kemalasannya daripada sibuk bergelut dengan cita-cita dan harapan hidupnya.

Rasa malas seringkali menghinggapi sebagian besar dari kita, terutama mereka yang tidak punya pekerjaan tetap, seolah olah hidup ini hanya untuk tidur, makan dan B.A.B tidak lebih dari itu, sementara orang lain sudah jauh meninggalkan dirinya. Malas dapat menyebabkan kecanduan sehingga kalau kita sudah dihinggapi penyakit malas, maka sulit untuk menciptakan produktivitas bahkan hanya untuk berfikir pun tidak bisa, dan penyakit masla ini bisa menghinggapi siapa saja dari mulai pelajar sehingga pendidikannya jadi anjlok, pekerja sehingga penghasilannya menurun, guru sehingga siswanya tidak berkembang keilmuannya dan masih banyak lagi kasus terjangkitnya penyakit malas ini, sehingga harus ada solusi agar keluar dari penyakit malas tersebut, diantaranya:

Merubah Pola Hidup
Rasa malas terkadang muncul akibat pola hidup yang tidak teratur dan berantakan. Kita ambil contoh seseorang yang tidak merapikan tempat tidur ketika bangun pagi, membersihkan ruangan kerja, meja kerja yang mana material penumpangnya tidak tertata rapi, penyimpanan dokumen atau arsip yang tidak terorganisir, catatan yang berantakan, dan masih banyak lagi.

Jika sudah demikian dan telah berlangsung lama tanpa disadari akan membuat diri Anda menanam rasa malas yang akut, oleh karenanya mulai sekarang pastikan bahwa segala sesuatu yang berantakan dalam hidup Anda disusun atau ditata menjadi lebih rapi dan teratur. Buatlah jadwal kegiatan harian Anda sedetil mungkin, dan jika Anda melihat suatu benda yang berantakan, beranikan diri untuk mengembalikan posisi benda tersebut ke tempat yang semestinya.

Beraktifitas di Pagi Hari
Pagi hari merupakan waktu dimana otak masih berkonsentrasi dan semangat masih berkobar-kobar, mulailah dengan shalat shubuh kemudian sarapan pagi lalu mandi dan mulailah mengerjakan tugas yang harus dikerjakan, sebab jika kita sudah menumpuk tugas sejak pagi hari maka menjelang siang beban pekerjaan akan semakin bertambah yang pada akhirnya malas untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.
Jangan Duduk di Sofa atau Berbaring sebelum waktunya Istirahat
Hal ini akan memicu kantuk di mata sehingga kemungkinan besar anda akan tertidur tanpa sengaja, padahal pekerjaan belum selesai dan ketika anda bangun rasa malas untuk meneruskan pekerjaan pun akan menghinggapi diri anda. Jadi selesaikanlah terlebih dahulu tugas-tugas yang harus dikerjakan sebelum kita beristirahat.

Memotivasi Diri
Disaat rasa malas menghinggapi diri anda coba berusahalah untuk memberikan semangat pada diri anda untuk segera melakukan sesuatu, sebagai contoh ketika hari libur anda malas untuk mandi di pagi hari, coba tanamkan pada diri anda bahwa mandi di pagi hari itu dapat memberikan efek positif dan penting adanya, sehingga walaupun rasa malas itu singgah pada diri anda dengan sendirinya akan kabuur itu rasa malasnya.

Olahraga Rutin
Olahraga merupakan hal mutlak yang harus dilakukan oleh manusia, sehingga ketika kita berolah raga maka akan banyak mengalirkan oksigen ke otak yang pada akhirnya dapat menimbulkan semangat untuk berkatifitas sehari-hari.

Jangan Menunda-nunda Pekerjaan
Kalau ada suatu pekerjaan yang belum selesai, maka jangan sekali kali kita menunda pekerjaan tersebut tanpa alasan yang kuat, apa yang bisa kita selesaikan sekarang maka selesaikanlah baru setelah itu kita menginjak kepada pekerjaan lainnya, karena pekerjaan yang menumpuk akan sangat mudah memancing datangnya rasa malas.

Demikian tips memerangi rasa malas, semoga kita bisa menghindari penyakit yang dapat menimbulkan ketagihan tersebut.

2 komentar: